MAPRAMDA'09 was Done SUCCESSFULLY

Sering kali kita bertanya - tanya mengenai fungsi tower bambu yang senantiasa menghiasi MAPRAMDA. Banyak sekali orang yang menyalahartikan baik fungsi maaupun manfaat dari monumen khas MAPRAMDA tersebut.

Sebagian orang memndang remeh tower tersebut layaknya benda tak berguna dan tak ada manfaatnya. Apalagi tidak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk membangun sebuah tower tersebut. Pandangan tersebut sangatlah keliru dan perlu diluruskan. Maka dengan postingan ini saya berharap pandangan seperti itu dapat lurus dan tidak lagi menyalahartikan.

Baiklah saya akan menjelaskan fungsi maupun manfaatnya sepengetahuan saya.
Menurut saya ada 2 macam fungsi :

1. Fungsi Ekstrinsik
Sebagaimana kita ketahui bahwa pembuatan tower merupakan :
  • Perwujudan keahlian teman - teman aanggota pramuka SMA 2 PARE.
  • Pelestarian adat turun temurun Pramuka SMA 2 PARE.
  • Sebagai tempat ataupun alat untuk memantau keamanan maupun kegiatan
  • Merupakan sebuah atraksi anggota pramuka yang patut untuk dihargai.

2. Fungsi Intrinsik
Fungsi inilah yang sering tak diperhatikan oleh orang - orang yang tak mengerti makna sejati tower tersebut. Karena fungsi ini menitikberatkan dari segi unsur intrinsiknya yakni dari segi proses pembuatannya bukan hasilnya. Jadi dari proses tersebut dapat menciptakan rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan gotong royong. Dari sinilah akan timbul interaksi baik dengan sesama anggota, anggota dengan alumni maupun alumni dengan alumni lainnya. Jadi tower tersebut juga dapat disimbolkan "Sebuah Satu Kesatuan" ikatan batin kami (anggota pramuka aktif) dengan anggota pramuka yang sudah non aktif.

Yang tak kalah penting juga fungsi tower tersebut yakni sebagai "Nilai Jual Ekstrakurikuler Pramuka" bagi siswa baru.


Begitulah sedikit informasi mengenai seluk beluk ataupun latar belakang didirikannya tower bambu di setiap perhelatan MAPRAMDA. Semoga bermanfaat.

MOHON DO'A UNTUK KESUKSESAN MAPRAMDA 2009 KAMI. MUDAH - MUDAHAN DIBERI KEMUDAHAN DAN KESUKSESAN OLEH ALLAH SWT. AMIIIIIIN YA ROBBAL 'ALAMIIIIN.....

0 comments:

Post a Comment