Sel merupakan unit terkecil kehidupan. Sehingga dapat diartikan sebagai suatu kesatuan yang membentuk kehidupan. Berdasarkan sel penyusunnya makhluk hidup dibagi menjadi 2, Multiseluler dan uni seluler. Manusia merupakan multiseluler karena sel penyusunnya sangat banyak dan sangat komplek.

Secara umum struktur sel hewan dan tumbuhan sangatlah berbeda
perbedaan ini terletak pada organ penyusunnya. Setiap jenis sel baik sel hewan maupun tumbuhan memiliki karakteristik yang dapat dengan dengan mudah kita ketahui, secara morfologis ataupun anatomis perbedaan mendasar sel tersebut terletak pada ada tidaknya jaringan epitelnya, pada sel tumbuhan terdapat selulosa yang memiliki karakter yang sangat kaku dan keras. Sedangkan pada sel hewan maupun manusia tidak memiliknya sehingga bersifat lembek dan lentur. Selain itu bentuk sel pada sel tumbuhan memiliki bentuk persgi enam yang rapat, seperti pada gambar di samping, kita dapat melihat betapa rapatnya susunan selnya.

Kedua kita dapat membedakannya dalam segi fisiologis, secara fisiologis perbedaan mendasarnya terdapat pada fungsi yang dikhususkan untuk tiap - tiap sel. Untuk dapat lebih memahami perbedaan tersebut Anda bisa mendownloadnya dalam bentuk dokumen (Doc)
di siini.

Semoga saja bermanfaat dan dapat menjadikan tambahan ilmu buat kita semua.

0 comments:

Post a Comment